Alergi VS Flek Paru pada Bayi

Moms, liat judulnya aja saya udah begidik ngeri. Bayi memang sangat rentan terhadap penyakit. Apalagi penyakit yang satu ini terkenal sangat mudah menular apalagi kepada bayi. Bisa langsung menular hanya dengan berdekatan saja. Dasyatnya…

Begini ceritanya… Mulanya Amira mulai GTM di usia 8 – 9 bulan. Kadang mau kadang ga. Kadang makan bisa sampe nambah. Kadang 1 suap pun berjuang habis – habisan. Sangat moody. Awalnya hanya persoalan makan. Lama – lama, durasi nenen pun berkurang. Dari 10 menit menjadi kurang dari 5 menit. Ditambah lagi dengan batuk pilek yang kadang – kadang datang. Dan ini langsung berakibat pada BBnya yang stabil di 7,8 kg. Dari bulan ke 8 – 10. Bahkan sempat turun menjadi 7,5kg. Tapi Amira masih sangat lincah. Masih naik2 meja kursi sendiri. Masih dorong – dorong kursi kecil. Tapi, kekhawatiran saya sebagai ibu tidak bisa ditutupi. Apalagi melihat BBnya yang stuck trus dalam 3 bulan itu.

Akhirnya, saya sengaja cuti 1 hari untuk checkup kondisi Amira ke RS terdekat. Sayangnya, saya salah memilih dokter. Dokter yang ini, hanya dengan melihat sekilas saja, langsung menyuruh kami untuk tes rontgen, tes darah & tes mantoux. Katanya, takut kena penyakit flek paru. Saya pun mengikuti keinginan dokter untuk melakukan serangkaian tes tersebut. Amira teriak – teriak kesakitan waktu diambil darah & dirontgen (kebetulan tes mantoux ditunda karena belum sembuh bapil). Betapa hancurnya hati saya melihat hal itu. Tapi demi kesehatan, tidak apa – apa lah sakit sebentar. Itu pikiran saya saat itu. Setelah tes – tes tersebut, si dokter memberikan obat untuk menyembuhkan bapilnya. Dan kami diminta kembali setelah bapilnya berhenti untuk tes mantoux.

Beberapa hari kemudian, saat saya sedang membaca sebuah milis, saya mengetahui adanya sebuah klinik khusus untuk anak – anak yang susah makan. Akhirnya, saya cari tahu dimana alamat klinik tersebut & menyambanginya. Nah dokter yang ini, memeriksa Amira dari ujung rambut sampai ujung kaki. Bahkan, sampai membuka bajunya untuk melihat kulitnya. Lalu, si dokter bertanya kepada kami tentang kebiasaan – kebiasaan Amira. Apakah Amira suka kucek mata, garuk telinga, pukul kepala, usap hidung? Lalu apakah Amira sangat aktif, tidak bisa diam, suka teriak, emosi tinggi, tidurnya tidak bisa diam & berkeringat setiap tidur malam meskipun memakai AC?

Saya mengiyakan semua pertanyaan dokter tanpa menggeleng sedikitpun. Karena apa yang dokter itu katakan semuanya ada pada Amira. Menurut dokter, Amira memiliki kecenderungan alergi makanan yang diturunkan dari ayah dan atau bundanya. Jika salah satu atau kedua orang tuanya memiliki bakat alergi, maka sedikit banyak bakat alergi tersebut diturunkan kepada anak. Dan ini mempengaruhi tingkah laku & pola makan si anak.

Kemudian, si dokter memberikan list makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan. Dan dokter menghimbau untuk diet ketat makanan yang high risk. Daannn alhamdulillah, BB Amira naik. Pada saat kontrol pertama, BB naik dari 7,5kg menjadi 8 kg hanya dalam 3 minggu. Kemudian, saat kontrol kedua, BBnya naik lagi dari 8kg menjadi 8,9kg dalam 6minggu. Alhamdulillah..segala puji bagi Allah. Tidak perlu ditanya bagaimana perasaan saya. Pastinya senang… Mudah – mudahan BB Amira segera mencapai normal dalam 1 bulan ini agar dapat diketahui, makanan apa yang membuat amira alergi.

So moms…carilah second opinion kepada dokter lain, apabila dokter yang anda kunjungi sekarang memberikan pernyataan bahwa anak anda terkena flek paru. Karena ciri – ciri anak yang flek paru & alergi makanan mirip banget. Menurut dokter ahli alergi ini, perbedaannya hanya kelincahan pada si anak. Soalnya kasian mom..harus tes ini itu dan minum obat yang sebanyak gambreng itu padahal diagnosanya salah…

85 thoughts on “Alergi VS Flek Paru pada Bayi

  1. Gejala yg sama dg baby sy di usia skrg 9bln. Kmrn br diminta dokter spy tes mantoux bln dpn. Apakag Putri bersedia email sy list mknan yg dilarang DSA tsb? Sama nama Dsa n alamatnya ya for my second opinion. Thx a bunch😉

  2. Coba cek webnya dr Widodo Judarwanto di http://mypickyeaters.wordpress.com/, mom. Dsitu lengkap semua tanda2 & makanan yang boleh dimakan & dilarang. Anakku tu sepertinya alergi kacang ijo & coklat. Padahal dy ga pernah makan coklat sm sekali tapi aku yang makan. Tapi karena dy masih ASI, jadinya ngaruh ke dy. Langsung GTM rapet banget mulutnya. Trus langsung sakit bapil / panas.

  3. kakak,aq mau dong,list makanan utk diet anakku,soale berat badannya kurang,susah makan.hasil tes darah dan rontcen anak kakak gmn?ada tanda flek g?anakku kmrn dites mantoux,rontcen,darah,hslnya indikasi mngarah ke flek.tp stlh baca artikel kakak,anakku jg sering garuk hidung,tidur gelisah,berkringt saat tidur,apa anakku alergi?tlg dong..sarannya

  4. Anakku blom sempet test mantoux. Baru test darah & rontgen doang. Menurut dokternya si cenderung ke flek. Tapi aku blm percaya aja. Karena memang memutuskan anak kena flek / ga, itu musti pake second opinion. Kalo perlu, third / fourth. Coba cek website yang aku kasih di atas itu. Ato dateng aja ke prakteknya dr widodo. Bukan promosi. Tapi pas sampe kesana, emang banyak anak2 yang kuyus, tapi aktif & pinter2. Dan rata2 memang bukan karena flek. Tapi alergi makanan. Pas sharing sama ibu2 yang lain, gejala anak2 kita tu sama. Coba aja kesana dulu.

  5. mbak,blh minta list makanan ga?anak gw jg alergi,ciri2 nya sama sk garuk2 kepala,keringatan berlebih.cm ampe saat ini blm test apa2.thx ya.

  6. aq seneng baca pengalaman semuax. anak ku jg suka kucek matax. aq kuatir dan g tau gmn carax spy dia g kucek mata lg

  7. kalo menurut sang dokter, dy cuma blg gini ” ibu kalo mata gatel suka ngucek2 mata kan? tapi emang mata ibu gatel setiap saat? ga kan? berarti ada sesuatu yang menyebabkan matanya gatel trus menerus. nah itu salah penyebabnya ya makanan”.
    tapi untuk lebih lanjutnya, hubungi sang dokter ya mom. biar beliau sendiri yang ngecek. saya ga terlalu ngerti dunia kedokteran😀

  8. Minta alamat dokternya dunk yg di benhil..cz anakku jg mempunyai kasus serupa..thanks…

  9. ya ampun,,,,anakq juga punya ciri2 yang sama dengan anaknya mb mery. eyang kungnya selalu nyruh untuk tes ini itu krn ank2nya semua kena flek, padahal dokter yang mengangani anakq tidak menganjurkan untuk tes ini itu, tapi kata eyang kungnya dokterna g profesional,untung aq baca milis ini. semoga bisa meyakinkan eyang kungnya. trim mb mery

  10. He3x. untuk menentukan anak kena flek paru / ga, sebaiknya baca2 lagi referensi yang ada di internet. Trus harus second bhkn third opinion ke beberapa dokter u/ memastikan penyakit itu. biar kita g rugi. anak jg g rugi…
    Btw biar lebih ngerti tentang kesehatan, bisa ikutan milis sehat di yahoogroups.

  11. Mom amira boleh aku tau alamt dokterny? Karena ankku jg susah sekali BB ny naik dan ada beberapa ciri2 yang sama dgn yg mom amira sebutkan..thanks yah..

  12. bunda,,,bs minta tlg d inbox jg list mknan tsb,,,
    cz baby’ku jg pnya gejala yg sama, spt kucek2 mata, g bs diem dll

  13. Pingback: TheUrbanMama! « PutriMeryf

  14. hii bunda,mo tanya..picky eater clinic nya buka dr hari apa n jam brp ya?trus hrs booking by phone dulu ato bs langsung dtg ya?brp biaya kira2 yg hrs disiapkn ya?alamat taman bendungan asahan itu dimn ya patokan nya dkt mana ya bun?tolong bantuan nya..makasi

  15. bun..minta tlng jg dong di e-mailkan list makananx…coz ap yg bunda paparkan, persis dengn kondisi anak saya skarang…sdh beberp DSA yg sy datangi tp smuax blng g’ ap2!! tp brt bdnx g’ naik2, malah tdrx jg gelisah banget klo dini hari…please yah bun dikirimkn !!! thanks be4…

  16. Mom,kalo berkenan boleh diemailkan jenis makanan yg boleh n ga boleh,anakku kasusnya sama.
    Thanks a lot info.nya
    Salam kenal,Diah

  17. mom aq mau juga donk daftar list makananya,karena yg ditulis persis dengan kondisi anaku juga,

  18. buat mama-mama smuanya, alergi itu macem2&beda2 tiap anak. Sebenernya bs alergi atau dy overtreatment terhadap penyakit. Soalnya mirip gejalanya. Mendingan ke dokter tapi yang RUM. biar tau sebenernya ini alergi atau overtreatment ke penyakit. Saya bukan dokter. Hanya cerita pengalaman aja. Tapi tetep dokter yang memutuskan. Sebaiknya sebelum ke dokter, browsing bahan sebanyak2nya. biar bisa dialog sama dokternya bukan cm iya iya aja.

  19. Mam , anak saya persis seperti Amira , aku coba telpon yang ada di web kok ga di angkat yach , dokter widodo prakteknya di mana lagi ya

  20. Bunda,saya mau tanya dokter yg tadi dsampaikan spesial tentang anak yg sulit makan dimana ya dan dokter siapa? Terimaksh ditunggu balasannya ya.

  21. sis, aq mnta list makanan yg blh dimakan dan tidak, coz dari ciri-ciri diatas 96% anak ku spt itu

  22. bun, bayi sy 8 bln BB 5-6kg dr 3 bln. Aq mau alamat kliniknya ya by email. Gejalanya mirip bgt. Tdnya khwtr flek paru. Tq bun.

  23. Informatif sekali artikelnya. Oia sbg masukan, memang utk bayi yg baru vaksin bcg jangka waktu kurang 1 thn sering memberikan hasil false positif utk tes mantoux. Hal tsb yg membuat keputusan diagnosa mjd rancu. Semoga bermanfaat.

  24. Mom amira…
    Aku sudah ke dokter widodo kmrn..dikasi bbrp list makanan..mudah2an berat nya nambah..krn udh 3 bln berat nya ngga nambah2😦
    Skr keadaan amira gmn mom? Msh suka ke dr widodo ngga?

  25. Aku lagi browsing2 ttg garuk2 telinga.. Ktmu sma blog ini. Sma persis mba sma ciri2 anakku Egi (7m 3w). Aku blh minta list makanannya ga mba? Tks y mba

  26. sama dg bunda santi, melihat bayi saya 10m yg akhir2 ini sering banget garuk2 telinga dan ngucek mata. boleh minta list makanananya ga mba? mohon diemail yah…thanks

  27. Nice blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?
    A theme like yours with a few simple tweeks would really make my blog jump out.
    Please let me know where you got your design. Bless you

  28. bunda amira salam kenal…….
    gejala anakq ‘hamzah’ sama dengan kaka amira, bahkan dari usia 0 bln…aq pikir ga kenapa-napa…tapi lama lama aq jadi penasaran jg, ko kucek2 matanya ga pernah berhenti, setiap tidur pasti kucek2, yg akhirnyanya ga bs tidur pulas…aq coba browsing, alhamdulillah ketemu dgn blog ini…bolehkah saya minta list makanannya bun? untuk sementara sebelum konsul ke dr widodo, soalnya aq tinggal di serang yang harus nunggu waktu libur ayahnya untuk konsul ke dokter…….tx bun sebelumnya

  29. Amira sekarang ketauan pencernaannya kurang bisa mentoleransi makanan / minuman yang mengandung coklat. Jadi coklat tu ga boleh dikomsumsi setiap hari sama amira. Kalopun mau makan / minum coklat, jumlahnya sedikit aja. Trus alergi udara kotor & makanan / minuman yang mengandung pemanis buatan. Kesemuanya itu pasti langsung keliatan. Efeknya Amira langsung batuk-batuk atau muntah. Trus rewel sepanjang hari. Mungkin karena perutnya ga enak.

  30. Pagi bunda,salam kenal dr saya. Anak sy,zidane umur 7bulan. Semalem sy hbz dr PMI utk memeriksakan anak sy karna dy flu,batuk,sm panas. Sy terkejut dg BB anak sy yg msh 6kg,sm dg bulan lalu. Sy khawatir,lalu sy menanyakan kpd dokter. Klo anak sy sering sakit,entah panas,flu,batuk,atau diare. Dan pernah jg disentri di umur 18 hari. Zidane udah 2 kali opname,yang pertama karena disentri, yang kedua diare beserta panas tinggi. Lalu dokter itu menyarankan kpd sy,utk melakukan Rontgen kalo usia Zidane udah agak besar.
    Bunda tau nggak, diumur brp anak sy blh Rontgen? Sy khawatir klo anak sy flek. Krna sy diwaktu kecil jg Flek smpe minum obat selama 1th. Apakah Flek ini menurun kpd anak sy? Apakah anak sy alergi pd makanan?

  31. Howdy are using WordPress for your site platform? I’m new to the blog world but I’m trying to get started and set up my own.
    Do you require any html coding expertise to make your own blog?
    Any help would be really appreciated!

  32. Very nice post. I just stumbled upon your blog and wished to say that I have truly enjoyed surfing around your blog posts.
    After all I will be subscribing to your rss feed and I hope
    you write again soon!

  33. Adore the product basically could just get the correct cartridge taste/product which explains why I like this kind of review website.
    I have bought 2 other products (yes this particular giving
    up smoking is quite pricey) and the one I am with all the most gets the taste I will be looking for but the
    batteries are useless.

  34. I read this paragraph fully on the topic of the resemblance of most recent and preceding
    technologies, it’s remarkable article.

  35. Hi there I am so happy I found your weblog, I really
    found you by mistake, while I was looking on Aol for something else, Nonetheless I am here now
    and would just like to say cheers for a marvelous post and a all round interesting blog (I also love the theme/design), I don’t have time to go through it all at the moment
    but I have book-marked it and also added in your RSS feeds, so when I have time I will be back to read much more, Please do keep up the
    great work.

  36. I’d like to thank you for the efforts you’ve put in writing this
    website. I really hope to check out the same high-grade content from
    you later on as well. In truth, your creative writing abilities has inspired me to get my own website
    now😉

  37. great publish, very informative. I wonder why the opposite experts of
    this sector don’t understand this. You should continue your writing. I am confident, you’ve a huge
    readers’ base already!

  38. I don’t know if it’s just me or if everybody else encountering problems with your website.

    It appears like some of the written text in your content are running off
    the screen. Can someone else please comment and let me know if this is happening to them as well?
    This could be a problem with my web browser because I’ve had this happen previously. Kudos

  39. Spot on with this write-up, I really think this web site needs far more attention.
    I’ll probably be back again to read more, thanks for the information!

  40. Hola! I’ve been reading your weblog for a while now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from Houston Texas! Just wanted to tell you keep up the good work!

  41. I used to be recommended this website through my cousin.
    I am no longer sure whether this post is written by him as no one
    else recognize such particular approximately my
    trouble. You’re incredible! Thank you!

  42. Excellent post. I was checking continuously this blog and I am impressed!
    Very useful information specially the last part🙂 I care for such info a
    lot. I was looking for this certain info for a long time.
    Thank you and good luck.

  43. Its such as you learn my thoughts! You appear to grasp
    a lot about this, such as you wrote the ebook in it
    or something. I think that you could do with
    some p.c. to pressure the message home a bit, but instead
    of that, this is great blog. A fantastic read. I’ll definitely be back.

  44. alhamdulillah dpt pencerahan.krn jauh bgt,ga bs ke klinik ituuuu…😦
    mau donk bun dikirimin listnya juga…anak sya 10 bln cuma 7kg.ni msh dlm masa pgobatan demamnya.stlh sembuh rencana mo di rontgen.bsyukur dpt link ini…oya,almira sering demam?

  45. mom bisa tolong di email list makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan. terima kasih

  46. mba putri,,, sama dengan gejala anak saya,, boleh kan saya meminta hal yang sama dengan “June” untuk bersedia mengirim email ke sy list mknan yg dilarang DSA tsb? Sama nama Dsa n alamatnya ya for my second opinion. terima kasih banyak.. artikel nya sangat membantu

  47. assalamualikum salam kenal ya mba…mba anak saya juga sama seperti itu ciri-cirinya…klo boleh saya minta tolong di share k email saya makanan apa aja yang dapat menyebabkan alergi buat anak…makasih banyak infonya ya mba..soalnya saya belum sempat periksa juga karena melihat perkembangan anak saya dulu karena klo terneka flek pasti loyo tidak bergairah tapi ini justru sebaliknya dia sangat lincah. tapi itu dia ciri-ciri yang mba tulis diatas persis sama seperti yang di alami anak saya..aku jadi seneng mba dapat pencerahan dari artikel yang mba tulis..

  48. Mba dibawa ke klinik mana amira nya? Anak sy sma seperti yg amira alami. Mhn info alamat kliniknya ya mba. Trmksh.

  49. klo boleh sy jg minta donk list makanan yg ga boleh d kasi, lewat email, soalnya anak sy jg ngalamai gejala yg hampir mirip dgn amira. Trmksh y mom….

  50. mbak mau donk share list makanannya, biar bisa saya konsul sama DSA saya yang sekarang, terus terang saya sedikit ada kekecewaan pada beberapa DSA yang ada di rumah sakit hermina depok, penangannya kurang bagus bahkan yang sudah kritis masih di anggap biasa saja, sehingga nyawanya tidak tertolong…

    tolong di share ya mbak, saya ga mau terulang dengan anak kedua kami

    terima kasih
    nursarip@gmail.com

  51. Mbak boleh email saya di dhanif660@gmail.com terkait list makanan diet dan klinik dokternya dimana ya? coz anak saya juga mengalami kejadian serupa, kayanya nurun dari saya dh T_T
    Minta tolong ya dan mohon bantuannya
    terima kasih

  52. Bunda…anak saya juga spt itu sama sekali ciri2nya dgn anak bunda.saya berobat di dokter anak di sebuah r.s swasta,tp sgt mengecewakan karena alasan2 yg dikemukakan tdk jelas dan diagnosanya meragukan.anak sayapun sdh dikasih obat segambreng utk cek darah sampai 2 kali.pilu rasanya liat anak saya spt itu.nah bunda saya pengen tau list makanan apa ya yg boleh dan ga boleh tsb kareba belakangan saya tau kalau anak saya punya alergi dan bolehkan saya tau dokter bunda?mohon bantuannya saya masih galau karena bingung hrs pilih makanan yg boleh atau dilarang utk anak saya.dokter mana yg mau saya kunjungipun saya bingung.trmksh atas kemuliaan hati bunda berbagi ilmu dan informasi utk saya.

  53. Sama banget sama anak aku skr usia 11 bulan,. Suka garuk” telinga,kucek mata,hidung.. pegang” kepala .. tp berat badannya alhamdulillah selalu naik,. Tp memang kecil cuma 7620 beratnya.. dan kebetulan skr lg bapil dan demam .. telinganya suka digaruk ampe merah bgt… Kalo boleh minta list makanan yg dilarang ya mom… Di email aja … Semoga mom baca komen saya ini yaaa… Thanks

  54. Malam mba Putri,
    Sangat menarik sekali dan bermanfaat sekali tema & isinya (trutama bagi saya). Saya jg sedang bngng dengan kondisi putra saya yg sekarang 6bln. Ciri2nya hampir sama dg yg d alami putri mba putri.
    Ada bbrp yang ingin saya tanyakan, tp takut kepanjangan. Apabila berkenan, bisakan mba putri krmkan alamat email mba putri? Agar saya lbh mudah utk bertanya. Terimakasih sblmnya dan sangat bermanfaat sekali infonya mba🙂

  55. Klo boleh tau di dokter mana yah itu prakteknya biar kita bisa kesana juga buat check kesehatan anak.

  56. Salam kenal dari palembang mbak…

    Mbak kirim list makanannyo donk ke eldrowin@gmail.com
    Sekalian alamat dokter yg mbak kunjungi…
    Tanda2 yg anak embak alami sama persis dengan anak saya..
    Tlg balas ya mbak…

    Thx before n after

  57. Mbak,,bs emailkan list makanan dan alamatnya, anak saya jg punya ciri2 yang sama dan ada alergi, tapi sampe sekarang belum tahu alergi apa,,,

  58. Mba maaf kebetulan ini anak saya bgt dn mebaca ciri cirinyaa oleh saya minta list makanan apa saja yg bisa di konsumsi dan jika anak saya minum susu formula apakah harus diganti,? Mohon bgt di email ya mba dan dokter siapa dan dimana adanya mba ? Terimakasih mba sesudah dan sebelumnyaa

  59. Sama banget sama anak saya mbak.. sekarang usianya 6m20d. Sukanya ucek2 mata dan hidung. Kata dsa memang alergi. Boleh minta list makanannya mbak?? Makasih

Leave a Reply

