Membuat Rak Besi Sendiri

Sebagai salah satu upaya saya & suami untuk mensiasati rumah kami yang kecil & imut, kami membuat rak besi yang digunakan sebagai pengganti gudang. Awalnya mau beli jadi aja. Karena ga yakin bisa bikin rak besi yang sesuai dengan keinginan. Tapi begitu survey harga rak besi, langsung ciut. Tidak sesuai dengan budget yang kami miliki.

Berhubung rak besi itu sangat sangat diperlukan, yo wis lah nekad aja deh bikin sendiri. Berikut material-material yang diperlukan :

  • Besi siku 16 batang (per batang panjangnya 3m)
  • Triplek 1cm 3 lembar (bisa juga pake yang 80mm, tergantung kebutuhan)
  • Besi siku L 150 buah
  • Baut 13′ 210 buah
  • Gergaji besi & meteran

Belanja material tersebut hanya menghabiskan +/- Rp. 700.000. Muraaahhh kannnn :-)

Rak besi yang disusun berukuran : pj : 215cm  lb : 65cm  t : 210cm, memiliki 4 rak. Berikut cara pembuatannya :

  • Potong besi siku dengan gergaji besi. Besi dengan pj 215cm sebanyak 10 batang, besi dengan pj 65cm sebanyak 10 batang, besi dengan pj 210cm sebanyak 4 batang, besi dengan pj 50cm sebanyak 8 buah, besi sebanyak 60cm sebanyak 5 buah.
  • Rakit besi-besi tersebut membentuk rak dengan ukuran sesuai di atas. Besi 215cm menjadi rangka panjang, besi 65cm sebagai rangka lebar, besi 210cm sebagai rangka tinggi, besi 50 sebagai penguat tengah rangka tinggi, besi 60cm sebagai penguat tengah rangka lebar.
  • Rangkai besi dengan menyambungkannya menggunakan baut 13′ dan besi siku L sebagai penguat di setiap siku rak.
  • Potong triplek yang disesuaikan dengan besar setiap lapis rak.

Voila…. Jadilah rak besi buatan sendiri!

Karena belum sempet mau fotoin rak besi, saya kasih ilustrasi rak besi yang paling mirip ya. Ntar kalo udah sempet, baru deh difotoin hasilnya.

Selamat Mencoba! :-)

About these ads

18 thoughts on “Membuat Rak Besi Sendiri

  1. Ada 2 tipe. Yg tipis ky di gambar itu Rp. 20rb. Kl yg tebel 40rb. Saya pake yg tipis. Alhamdulilah so far si kuat. Soalnya udah dicoba setiap rak diisi beban. Belinya di toko besi. Kl di toko bangunan, kadang ada kdg ga.

  2. Dear Putri,

    salam kenal, punya referensi toko besi yang murah di jakarta di lokasi mana?

    untuk tiga item di bawah ini brp ya harganya per pcs?
    – Triplek 1cm 3 lembar (bisa juga pake yang 80mm, tergantung kebutuhan)
    – Besi siku L 150 buah
    – Baut 13′ 210 buah

    TQ
    YK 02192901208

  3. Wah… g ada referensi, mas. Aku juga beli di toko besi yg deket dari rmh. Wak beli besi siku itu dapet bonus besi siku L & baut. Tapi nambah lagi karena ga cukup. Soal detail harganya jg udh lupa :D yg jelas di totalnya cm 700rb.

  4. info menarik mbak…
    Salam kenal,,, salam blogger…
    Sekedar info juga,, barusan teman beli besi siku bolong yang tipis (ga tau berapa milimeter) katanya ada 2 macem.
    1 potong ( panjang 4 meter ) harganya 16ribu.
    Untuk yang tebalnya sekitar 40ribu.
    Belinya di toko bangunan deket rumah narogong bekasi…

  5. wah murah tu. Aku beli 20rb. Yang tebel sama harganya kaya di deket rmh. Tp yang tipis aja udh kuat aku tumpangin macem2. Mudah2n awet.

  6. ngasih info juga
    dengan menggunakan item tersebut (yg tebal) q buat sendiri lemari pakaian, pintunya sorong dari cermin dan sebelahnya dari kaca warna hitam 5 mm, baian atas khusus untuk gantungan baju, bagian bawah, di kasi pembatas tingkat untuk letalin yang tidak ikut digantung. Ukuran 1,8 m , tinggi 1.9m , tebal 60 cm.
    ngerjainnya 1 bulan karena kesulitan cari cari solusi untuk buat rel pintu sorongnya. biaya nya kira2 3 juta, (Medan) belum diitung upah untuk q sekeluarga kwakkwak. DInding dikasi dua lapis poliwaood yang sudah berwarna dan bermotip serat kayu. . kayanya ini lemari made in dewe bisa tahan 100 tahun…untuk anak cucu, dan bisa dibongkar pasang.sambil senyum2 nulisnya.Ini benar loh ga canda, fotonya ntar kalau q ga malas ya.

  7. ada foto yg sudah jadi bu ? sy agak bingung dengan besi penguat yang dipasang di tengah. Mungkin kalau lihat gambar/foto n ya saya bisa mengerti. Atau bs attach foto nya ke email saya. Thanks

  8. Nice blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?
    A design like yours with a few simple tweeks would really make my blog
    jump out. Please let me know where you got your theme.
    Thank you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s